Dalam hal persaingan di pasar internasional, Indonesia masih bisa dibilang kalah jauh dengan negara-negara maju. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menganggap kalau produk buatan Tanah Air kualitasnya kurang bagus sehingga tidak mampu menembus pasar dunia.
Jika berpikir seperti itu, kalian salah besar. Banyak produk Indonesia yang mampu bersaing di pasar dunia, terutama di sektor makanan dan minuman. Jarang yang mengetahui, sebenarnya banyak merek makanan dan minuman asli Indonesia yang tak disangka bebearapa di antaranya ada yang mendunia.
Bahkan ada pula merk makanan yang kita kira buatan luar negeri ternyata hasil olahan di Indonesia. Berikut berhasil menghimpun beberapa merek makanan dan minuman asli Indonesia yang sudah mendunia.
1. Silver Queen
Saat ini Silver Queen menjadi coklat nomor satu di Tanah Air yang menguasai 60% pasar coklat bermerek di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia coklat ini sukses di Filipina, Singapura dan 15 negara lainnya.Konsep iklan coklat yang satu ini didesain seperti luar negeri sehingga tak sedikit yang mengira bahwa coklat ini bukan buatan Indonesia. Bahkan coklat ini mampu menyaingi coklat nomor satu di Indonesia yaitu m&m yang berasal dari Amerika Serikat.
2. Tolak Angin

Beberapa tahun terakhir Tolak Angin merambah ke pasar luar negeri, seperti Hongkong, Taiwan, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Penjualan jamu ini dapat memberikan kontribusi sebesar 5% pada total penjualan.Produk dari Sido Muncul ini adalah sejenis jamu yang mujarab diperuntukan mengobati orang yang masuk angin. Tolak Angin mampu menembus pasar global padahal di Indonesia banyak sekali jenis jamu yang serupa, alasannya karena jamu ini memiliki kualitas yang baik, ketika produk memiliki kualitas yang baik maka akan mudah diterima oleh masyarakat dengan sendirinya.
3. La Fonte

La Fonte telah menembus pasar mancanegara seperti Filipina, Korea, Hongkong, Thailand dan Malaysia. La Fonte sendiri diproduksi oleh PT. Bogasari yang terkenal memproduksi makanan dari Italia seperti Spageti, Fetucini, Vermicelli dan Macaroni


Saat ini LA Fonte telah merambah lebih dari 20 negara seperti Asia, Filipina, Jepang, Korea dan masih banyak lagi.
4. Indomie
Siapa sangka harga Indomie termasuk makanan mahal di sejumlah negara, di Jepang harga Indomie mencapai 13.000, Korea Selatan 11.000, Amerika Serikat 9.000, sedangkan di Indonesia hanya 2.500.Siapa yang tidak tahu merek mie instant yang satu ini, apalagi anak kos-kosan pasti tidak asing dengan merek ini. Indomie di ekspor sejak tahun 1992, merek mie instant yang digawangi oleh Indofood mampu menyedot perhatian hingga 80 negara, salah satunya di Nigeria, Indomie menjadi mie instant nomor satu dan ilkannya terpasang lebar di jalanan.