Jakarta, CNN Indonesia -- Berbagai produk makanan dan minuman asal Indonesia merambah pasar Slowakia. Hal itu ditandai dengan adanya pertemuan antara distributor dan importir produk Indonesia di Eropa, seperti NIVO BV dan InterAromat B.V dari Belanda, Indofood di Jerman, Mayora di Polandia dan Olagafood di Republik Ceko.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Slowakia Adiyatwidi Adiwoso Asmady menjelaskan pertemuan antara distributor dan importir produk Indonesia difasilitasi KBRI di Bratislava, Slowakia, bekerja sama dengan Atase Perdagangan KBRI di Den Haag. 

Adiyatwidi mengaku tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan nilai perdagangan Indonesia di Slowakia. Secara rinci, untuk memperluas pasar produk makanan dan minuman Indonesia yang sempat berjaya di Slowakia sampai beberapa tahun silam.

"Misinya adalah untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral yang masih jauh dari potensi sesungguhnya, salah satunya melalui peningkatan keberadaan produk makanan dan minuman Indonesia di Slowakia," jelasnya seperti dikutip Antara, Senin (19/3).

Berdasarkan riset Nielsen atas ekonomi Slowakia pada 2017, tingkat konsumsi masyarakat Slowakia naik sebesar 6,3 persen, jauh lebih tinggi daripada Hungaria (5,9%), Ceko (4,8%), Polandia (4,3%).

Pada 2016, tingkat konsumsi Slowakia juga yang tertinggi di Eropa (3,4%) dengan rata-rata hanya tumbuh 0,4 persen.

Atase Perdagangan RI di Den Haag, Belanda, Dewi Rochayati mengatakan kehadiran distributor dan representatif yang ada di Eropa memudahkan penyaluran produk-produk Indonesia ke Slowakia.

Konselor Pendidikan Sosial, dan Budaya KBRI Bratislava Lely Meiliani mengatakan dalam pertemuan itu juga digelar 'one-on-one meeting' dengan pengusaha di Bratislava seperti Kon-Rad dan Yeme, dua distributor terbesar di Slowakia.


Sumber  : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180319103307-92-284083/produk-makanan-dan-minuman-indonesia-gencar-masuk-slowakia